Monday, March 26, 2012

Laser dunia yang paling kuat kebakaran ledakan laser paling kuat dalam sejarah


Laser terbesar di dunia dinyalakan untuk sebagian kecil dari pekan lalu kedua - dan melepaskan ledakan laser paling kuat dalam sejarah.
National Ignition Facility (NIF) - tes Laser fasilitas di Lawrence Livermore National Laboratory di Livermore, California - dihidupkan balok 192 laser nya untuk instan singkat pada tanggal 15 Maret, melepaskan rekor 1,875-megajoule ledakan ke dalam sasaran ruang.
Laser digabungkan, berkumpul dan terfokus melalui serangkaian lensa ke dalam tembakan 2.03-megajoule, kata Ed Moses, direktur NIF - rekor untuk fasilitas tersebut.

Bahwa pulsa energi berlangsung hanya 23 miliar detik, namun yang dihasilkan 411000000000000 watt, NIF kata - 1.000 kali lebih banyak dari seluruh Amerika Serikat mengkonsumsi pada suatu instan.

"Ini adalah demonstrasi yang luar biasa dari laser dari sudut pandang energi, presisi, kekuatan, dan ketersediaannya," kata Musa majalah Nature.
Tapi itu hampir setengah pertempuran. NIF berharap untuk secara dramatis meningkatkan kekuatan tembakan laser pada akhir tahun, berniat untuk akhirnya menggunakan fasilitas tersebut untuk memanfaatkan reaksi energi yang terjadi secara alami di dalam matahari: fusi.

"Acara ini menandai sebuah tonggak penting dalam drive Kampanye National Ignition terhadap pengapian fusi," kata Musa.

Dalam fisi, atom dibagi dan energi besar dirilis ditangkap. NIF ini bertujuan untuk fusi, proses energi yang sedang berlangsung di matahari dan bintang-bintang lain di mana hidrogen dan inti helium terus-menerus menggabungkan dan melepaskan sejumlah besar energi. Di fasilitas pengapian, berkas cahaya berkumpul di pelet isotop hidrogen untuk membuat, serupa meskipun terkontrol, mikro-ledakan.
Sebagai balok bergerak melalui serangkaian amplifier, energi mereka meningkat secara eksponensial. Dari awal hingga akhir, total energi balok 'tumbuh dari satu miliar dari joule ke tinggi potensi empat juta joule, NIF kata - sebuah faktor lebih dari kuadriliun a.

Dan itu semua terjadi dalam waktu sekitar lima sepersejuta detik.
Karena laser adalah pada untuk fraksi sedikit saja dari detik, harganya sedikit untuk beroperasi - antara $ 5 dan $ 20 per ledakan, kata juru bicara Lynda Seaver. Namun potensi sangat besar.

Manajer NIF berharap pada akhir tahun untuk mencapai titik impas, dimana energi yang dilepaskan adalah sama dengan jika tidak lebih besar daripada energi yang masuk ke ledakan.
"Kami memiliki semua kemampuan untuk mewujudkannya pada tahun fiskal 2012," kata Musa Alam.
Para ahli tidak yakin, mengutip tantangan yang NIF dan jenis-jenis fusi pernah dimiliki di masa lalu.

Glen Wurden, seorang ahli fisika plasma di Los Alamos National Laboratory di New Mexico, mengatakan para ilmuwan Alam harus waspada terhadap menempatkan semua telur dalam keranjang laser.
"Itu terlalu dini saat ini," katanya kepada majalah itu, mengutip masalah yang telah melanda pendekatan bersaing untuk fusi dan proyek andalannya di Perancis.

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Teknologi Internet . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates